Modul 5
Microsoft Excel
MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR ( M.S EXCEL )

Pemakaian rumus sendiri dapat berupa
penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan
pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan
untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.
Microsoft Excel dapat juga digunakan
untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana
sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana
tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan,
berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.
Sampai saat ini Microsoft excel sudah
sampai pada versi 2013, sedangkan saya sendiri masih menggunakan versi
2007. Yah meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya
dibedakan fitur yang pasti lebih baik dibanding versi terdahulu.
Pada Microsoft excel kita bekerja dengan
system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau
lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom
dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita
memasukkan data.
Istilah –istilah di Microsoft excel :
1. Sel : Perpotongan antara baris dan kolom
2. Range : Kumpulan beberapa sel
3. Workshee : Lembar Kerja
4. Workbook : Buku kerja atau file
5. Spreadsheed : Lembar Sebar
Menjalankan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Berikut ini ditampilkan cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan.
Menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
A. Cara menjalankan lembar sebar :
a. Klik Start
c. Klik Microsoft office
b. Klik Program
d. Klik Microsoft Excel
Jendela Aplikasi Excel akan terbuka, seperti berikut :
1. Sel : Perpotongan antara baris dan kolom
2. Range : Kumpulan beberapa sel
3. Workshee : Lembar Kerja
4. Workbook : Buku kerja atau file
5. Spreadsheed : Lembar Sebar
Menjalankan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Berikut ini ditampilkan cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan.
Menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
A. Cara menjalankan lembar sebar :
a. Klik Start
c. Klik Microsoft office
b. Klik Program
d. Klik Microsoft Excel


Mengenal Bagian- Bagian
. Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :
1) Menjelaskan menu-menu yang terdapat dalam perangkat lunak lembar sebar.
2) Mengetahui kegunaan menu-menu dalam perangkat lunak lembar sebar.
Mengenal Bagian-bagian Lembar Kerja

- Cell number box adalah tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh : → cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.
- Formula box adalah tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkanalamat cell / cell addressnya. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).
- Tab worksheet adalah menyimpan multi sheet pada satu buku kerja.dapat dengan cepat berpindah dari satu sheet ke sheet lain hanya dengan mengklik tab worksheet. Nama sheet dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Buku lembar sebar ( Excel )menyediakan 3 lembar sebar (worksheet).
- Menu Bar adalah tempat memuat daftar menu mulai dari file sampai help.
- NEW adalah untuk membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik New pada toolbar, atau bisa juga dengan mengklik File|New dari menu bar, atau tekan CTRL+N.
- Open adalah untuk membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik open pada toolbar atau Klik File|Open dari menu bar atau tekan CTRL+O, atau klik tombol Open
- Save adalah untuk menyimpan data yang kita buat. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar atau klik File|Save As atau CTRL+S.
- Print adalah untuk mencetak lembar sebar. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar
- Print Preview adalah Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .
- Spell Check adalah Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.
- Copy dan paste adalah Menu ini digunakan untuk menyalin data dari suatu data range ke data range
- Undo and Redo adalah untuk membatalkan langkah terakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redo untuk membatalkan undo
- Insert Hyperlink adalah Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketik teks kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, klik tombol Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link dengan teks dan klik OK.
- Zoom adalah Untuk mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari menu Zoom.
Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain). Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet. Tabel di bawah ini menjelaskan kronologis singkat pengembangan Microsoft Excel.
Versi Tahun Keterangan
2 1987 Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
3 1990 Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya.
4 1992 Adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
5 1993 Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook.
7* 1995 Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
8 1997 Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
9 1999 Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
10 2001 Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar